Pages

Monday, July 7, 2014

Slow Cooking: Braised Oxtail Yummy

Braised oxtail

Semua berawal dari penemuan slowcooker di antara tumpukan hadiah pernikahanku. Pernikahanku sendiri sudah berjalan tiga tahun lebih, tapi banyak hadiah yang masih bertumpukan. Salah satunya ya slowcooker yang aku tidak mengerti benda apa itu sebelumnya. Wajar, karena seluruh tulisan di kardus dan di mesinnya meggunakan tulisan Cina - kecuali empat kata di panelnya: Off, Low, High, dan Auto.



Booming-nya slowcooker untuk memasak makanan bayi, membuatku melihat lebih dekat apa itu slowcooker. Detik-detik sebelum aku membeli slowcooker, aku melihat kembali tumpukan hadiah pernikahanku, dan... voila, ternyata aku punya slowcooker!

Belajar secara otodidak, aku sudah siap untuk mendapatkan hasil yang buruk pada percobaan awalku. Yap, dua potong buntut sapi yang gosong. Begitu pula percobaan keduaku, ceker ayam yang rasanya antah-berantah. Pada percobaan ketiga, aku all-out!

Aku mencoba memasak Braised Oxtail.

Agak ambisius, karena saat it aku belum mengerti apa yang dimaksud dengan 'braised'- yang ternyata adalah teknik masak semacam di mana daging digoreng dulu sebentar dalam panas tinggi, baru dimasak pelan-pelan (slow cooking). Dagingnya akan terasa super lembut.

Jadi, beginilah masaknya...

Braised Oxtail with Mashed Potato

Bahan:
0,5 kg buntut sapi, dipotong-potong
Tepung bumbu (secukupnya, untuk melumuri buntut)
Minyak, untuk menggoreng buntut

2 bawang bombay ukuran kecil, tiap bawang dibagi menjadi 8
2 wortel ukuran sedang, tiap wortel dibagi menjadi 6

1 lembar daun salam
1 sdm balsamic vinegar
1 sdm pasta tomat
2 cangkir kaldu sapi
2 siung bawang putih, dicacah
1/2 sdm oregano
2 sdt garam (atau sesuai selera)
Bubuk lada (sesuai selera)

Cara Masak:
1. Nyalakan slowcooker dalam posisi LOW untuk menghangatkan.

2. Panaskan minyak di wajan. Lumuri daging dengan tepung bumbu. Masukkan buntut ke penggorengan ketika minyak sedang panas-panasnya, goreng sebentar hingga berwarna kecokatan. Angkat dan tiriskan.

3. Gunakan minyak untuk menumis bawang bombay dan wortel hingga harum. Angkat dan tiriskan.

4. Campurkan kaldu sapi, pasta tomat, balsamic vinegar, bawang putih, oregano, garam, dan lada dalam satu mangkok.

5. Masukkan buntut, bawang bombay, dan wortel ke dalam slowcooker. Tuang campuran bumbu ke dalamnya. Pastikan semua buntut terendam. Apabila kurang, tambahkan air secukupnya. Letakkan daun salam di atasnya. Tutup slowcooker dan masak selama 5-6 jam dalam posisi HIGH.

6. Setelah matang, ambil minyak yang terkumpul di bagian atas masakan dan sisihkan (tidak perlu digunakan). Sajikan bersama mashed potato dan salad sayur.



Dimakan selagi hangat, ya....takut nanti ngendal... :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...