Pages

Thursday, November 8, 2007

Antara Kabel USB dan Card Reader

Suatu malam, di suatu kamar. Ketika kameraku telah berumur satu setengah tahun, dan koleksi fotoku telah berjumlah ratusan - atau mungkin ribuan. Sambil memindah foto, perbincangan kami sampai pada salah satu hal kecil yang belum kuketahui tentang fotografi digital.


"Lho, kamu nggak punya card reader ya?"

Nggak. Aku nggak punya.

"Terus, kalau pindahin foto dari kamera ke komputer pake apa?"

Langsung disambung ke komputer pakai kabel USB.

"Setiap kali?"

Iya, setiap kali selama aku punya kamera itu. Yah, kecuali beberapa hari kemarin saja.

"Hah? Yang bener??"

O'o... Salah ya?

"Itu kan nggak bagus."

Tapi, di buku petunjuknya disuruh begitu.

"Teorinya, itu justru bisa ngerusak kamera."

Haduh... masa sih? Terus, untuk apa mereka kasih kabel USB di perangkat kamera yang aku beli?

"Ya kalau sekali-dua kali atau darurat, nggak apa-apa. Tapi..."

Sekali-dua kali doang? Lha...

"Daripada ada apa-apa, udah, mending pake card reader aja deh..."

Dan aku pun akhirnya membeli sebuah card reader hitam, yang ternyata hanya seharga Rp 35.000,-, di toko tetanggaku. Ini jauh-jauh lebih murah dari bayanganku, padahal aku sudah mencari yang termahal di toko itu.

Dia benar. Lebih baik memang 'berinvestasi' Rp 35.000,- daripada ada masalah dengan kameraku.

Huh! Mana aku tahu card reader ternyata sebegitu pentingnya dalam dunia fotografi digital (dan murah!). Maafkan aku, kameraku...

16 comments:

dhiraestria dyah said...

ooo.. gitu ya?
padahal ya, kamera kantorku tuh rusak gara2 CF dilepas trus masangnya di kamera lagi kebalik.
ati2 lho kalo masukin CF di kamera..

bulb-mode said...

Huahahaha!
Okay Dhir, bakal aku perhatiin tiap masukin CF ke kamera... :p

Anonymous said...

sebenernya ga ngaruh lagi. Pake card reader mah memudahkan aja. Gw selalu pake card reader kok...

..

..

eh, intinya sebenernya utk memakai kabel instead card reader ya?

hahahaha

salam kenal ya

bulb-mode said...

Indra:
Hm... *berpikir*
Ya tetep lebih baik pake card reader kan? Daripada kejadian kamera rusak... :p

Salam kenal juga!

Anonymous said...

sayah gak punya cam dig ndie, huhu....

temukonco said...

Eh tapi bener kok, resiko bakal bikin umur kamera jadi pendek mungkin sangat masuk akal.

Abis beberapa hari yang lalu saya coba transfer gambar dari kamera langsung ke pc, eh ternyata kameranya nyetrum... mendadak ada aliran listrik yang lumayan bikin kaget sih kalo tersengat. Ya walopun tidak mematikan buat manusia, tapi mana kita tau efek terhadap kameranya....

bulb-mode said...

dimas:
Ga papa, Mas... kalo nggak ada cam dig, bawa sekalian se-fotografer-nya...huehehe! :p

iwan:
Kalo aliran listriknya lebih kuat lagi, nggak cuma kamera yang umurnya pendek, Mas. Yang punya juga umurnya bisa pendek... :p

Anonymous said...

masak sih cuman gara2 dikasih usb aja trus bikin rusak, ga percaya ah, mitos kalee.

tapi, aku barusan tadi jg beli card reader, gara2 kabel kamdig ku ilang, trus nyari2 ga ada yang jual, ada satu yang jual harganya 160 rb. Akhirnya mending beli card reader yang harganya td 50 ribu.

BTW, kok lebih mahalan punyaku yah, aku tadi ga nawar sih, :(

bulb-mode said...

ogi:
Yah... aku juga kurang tau itu bakal rusaknya gimana, Gi. Tapi main aman aja deh... :p

Punyaku cuma 35rb tanpa nawar koq... ato karena beli di tetangga? :D Tapi temenku pernah beli flashdisk 512 mb cm 90rb di sana (pdhl waktu itu msi mahal), dan alhasil 3 hari kemuudian flashdisk-nya rusak...huehehe!

Moga-moga nasib card reader-ku nggak sama kayak itu...

Anonymous said...

Intinya,..
Lawan ngobrolnya siapa?

bulb-mode said...

paijo:
Hm... lawan ngobrolnya adalah orang yang jam terbang dia berkutat dengan kamera digital dan komputer jauh lebih tinggi dari aku... :)

icHaaWe said...

ooohh gitu yah??? aku jg baru tau..untung baca postingan ini

bulb-mode said...

ichaawe:
Iya, ternyata emang begitu... :p

Anonymous said...

Card reader Ogi yang nawarin aku tuh:p. Ndi..aku juga sering transfer foto langsung dari hp kemkomputer pake kabel data. Cepet rusak dong ya Ndi hp ku??

Anonymous said...

produk kan udah di tes uji coba? bagaimana soal ketahanannya, dan juga termasuk itu... menurut gw ga ngaruh ngerusak kamera. card reader itu memudahkan berbagai format media penyimpanan model MMC ke komp, ada baiknya juga beli card reader yang mahalan dikit, ngaruh buat MMC nya itu takut cepet rusak juga hayo???

bulb-mode said...

thea:
Wah... kalo masalah HP, nggak tau The, ntar coba aku munculkan terlebih dulu percakapan dengan topik HP ya? :p

johanes:
Mungkin...um...ada konspirasi antara para pembuat kamera dan produsen komputer, yang coba dilawan oleh para pencipta card reader... :p *becanda*

Yah, mungkin harusnya emang beli yang rada mahalan dikit... tapi, sampai saat ini, belum ada wacana bahwa card reader yang mahal lebih aman je... :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...