Pages

Monday, July 7, 2008

Huru-Hara Kuliner: Bandeng Elan 1, Gresik


Bandeng yang dimasak mirip tahu telur? Hm... menu ini membuatku penasaran.

Karena aku belum pernah mencicipinya, atau pun melihatnya, aku pun mencobanya. Bentuknya seperti telur dadar, dengan irisan bandeng di dalamnya. Sekilas, memang mirip sekali dengan tahu telur. Ikut menyertainya adalah sambal kacang khas Elan 1.

"Kecapnya buatan sendiri lho... home-made..." jelas Mbak Ambar beberapa hari kemudian.

Semuanya itu dilengkapi dengan nasi yang hangat. Dan rasa yang tercipta... WOW! Luar biasa! Super duper enak!

Aku yang sore itu kelaparan, rela menahan lapar sepanjang perjalanan ke Surabaya. Um... dari Bojonegoro hingga kota Gresik. Demi mencicipi Bandeng Elan 1 yang terletak di Jl. Veteran 69, Gresik, sesuai rekomendasi Mbak Ambar. Rekomendasi yang benar-benar tidak mengecewakan.

Menu bandeng telur yang aku pilih dibuat dari daging bandeng yang dipotong-potong dengan ukuran tidak terlalu kecil, lalu dicampur ke dalam telur kocok, dan di'dadar' bersama-sama. Karena potongannya masih cukup besar, dan banyak, tekstur daging bandeng tidak tercampur dengan tekstur telur dadar. Rasa dagingnya terasa di hampir tiap gigitan telur. Rasa amis bandeng tidak terasa, yang ada, justru gurihnya telur ikut melebur menambah kelezatan bandeng.

Benar-benar nikmat!

Sambal kacangnya merupakan pelengkap yang tepat. Pedas, manis, teramat cocok untuk bandeng telur yang aku pesan. Di akhir sesi rakusku, aku memesan Es Legen dan Es Beras Kencur sekaligus, sesuai rekomendasi. Terbukti, Es Legen-nya memang sangat patut direkomendasikan.

"Kamu cicipin bandeng kuah?" tanya Mbak Ambar (juga) beberapa hari kemudian.

Sayang sekali, perutku terlalu penuh untuk mencicipi bandeng kuah. Katanya, bandeng ini tak kalah enak dan memiliki rasa yang unik. Aku jadi menyesal tidak mencicipinya. Selain itu, ada pula menu Bandeng Bakar tanpa duri dan Otak-Otak yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Siap berbondong-bondong ke Bandeng Elan 1? :)


Bandeng Bakar: Rp 33.000,-
Otak-Otak: Rp 33.000,-
Bandeng Telur: Rp 20.000,-
Es Legen: Rp 4.000,-
Es Beras Kencur: Rp 4.000,-

2 comments:

Anonymous said...

hhmmmmm...bikin ngiler aja
jadi pengen nyoba buat sendiri
btw, menurutmu itu bandengny dgoreng dulu baru dikocok&didadar ma telur apa pas mentah langsung dimasuki ke telur kocok ndi??

bulb-mode said...

thea:
Sumpeeee.... enak banget The... :D Kayanya siy bandengnya langsung dimasukin ke telur kocok The... :-S

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...