Pages

Saturday, September 4, 2010

Deadline Ya?



Temanku bilang dia sedang sibuk sekali. Padahal ingin juga mengajaknya buka bersama. Whew...

Dia (01:03 pm): Abis dateline-nya sore ini. Besok aja gimana?

Dateline? Deadline, maksudnya?


Lalu aku menjadi ragu-ragu sendiri. Soalnya, setahuku tenggat waktu itu bahasa Inggrisnya deadline. Jadi kalau aku mengerjakan suatu proyek, aku pasti akan selalu menanyakan, "Deadline-nya kapan?". Selalu begitu.

Tapi kenapa menurut temanku itu dateline?

Yang menganggap tenggat waktu itu dateline ternyata bukan hanya satu-dua orang. Sebelumnya juga pernah beberapa kali kata itu terdengar, tapi tidak begitu aku anggap karena aku berpikir, "Yah, biarlah..."

Tapi ketika semakin banyak yang menganggap deadline itu dateline, aku tergelitik untuk menuliskannya. Well, ini fakta yang aku temukan (menurut www.thefreedictionary.com):

dateline:
n. (Communication Arts / Journalism & Publishing) Journalism the date and location of a story, placed at the top of an article.

deadline: 
n. A time limit, as for payment of a debt or completion of an assignment. 

Hah. Jadi, itu memang benar deadline, kan? Padahal, setelah kupikir-pikir lagi, pasti banyak kan tulisan yang pakai kata deadline. Tapi kenapa bisa berubah jadi dateline, ya?



* gambar diambil dari sini.

2 comments:

inten said...

parahnya ada yang menuliskanya deathline hehhe..

bulb-mode said...

Hahaha! Masa sih, Mbak? :p Aku belum pernah baca yang seperti itu...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...