Pages

Tuesday, November 9, 2010

Macaroni and Cheese (Baked!)


Ketika hasrat memasak instan menyerbu, apa yang kamu lakukan? Kalau aku, segera menyalakan komputer dan mencari resepnya di internet - hanya jika koneksi internet lancar. Memang sangat mudah, tapi resikonya, bisa saja resep yang didapat agak-agak kacau karena sumbernya tidak jelas.

Nah, karena itu aku harus paling tidak mencobanya sekali untuk menemukan resep yang aduhai-lezatnya-cocok-dengan-lidahku. Salah satunya ya Macaroni and Cheese panggang yang aku temukan setelah 1 menit bercengkerama dengan Om Gugel. Niatnya akan dijadikan hadiah ulang tahun untuk Arya yang suka sekali dengan mayonaise dan keju.

Setelah melihat sekilas dan bahan-bahannya mudah dicari, aku baru lanjut membuat. When there's a way, there's a will!


Tidak jarang, resep-resep di internet membutuhkan bahan-bahan yang sangat asing dan (mungkin sekali) mahal harganya. Atau justru malah tidak ada yang menjualnya di kotaku yang sedang berabu.

 
Macaroni and Cheese
 
Bahan:
4 ons macaroni
400 ml sour cream a.k.a mayonaise
2 cangkir keju parut
1/2 cangkir keju parut untuk taburan
2 telur ayam, dikocok
4 sdm garam
6 sdm merica bubuk

Cara membuat:
1. Siapkan oven 200 derajat Celcius.
2. Rebus macaroni hingga matang.
3. Masukkan macaroni ke dalam mangkuk. Campur dengan mayonaise, keju parut, garam, dan merica hingga rata. Cicipi untuk rasa yang pas. Kalau garam atau mericanya dirasa kurang, sekaranglah saat yang tepat untuk menambahkannya.
4. Masukkan telur yang sudah dikocok, aduk kembali.
5. Lapisi pyrex (atau bisa yang lainnya) dengan mentega. Tuang adonan ke dalamnya. Beri taburan keju di atasnya.
6. Masukkan ke dalam oven. Panggang selama sekitar 30 menit. Waktu panggang dan panasnya bisa disesuaikan dengan oven masing-masing, karena setiap oven sepertinya berbeda. Yang penting dipanggang hingga warnanya kekuningan.

Untuk 5-10 orang (porsi sedang).

Selamat makan! Selamat ulang tahun!

3 comments:

inten said...

Hmmm.. yummy kelihatanya.. coba variasikan dengan irisan smoke beef atau sosis atau daging cincang. atau biar cantik juga variasikan dengan wortel rebus yang diiris dadu atau kacang polong. bahan2 tersebut diaduk bersama makaroni sebelum dipanggang.

bulb-mode said...

@ Mbak Inten: I. Hate. Carrot. :p Aku semakin ke sini semakin ngga suka wortel, Mbak. Tapi bole juga tuh dikasih smoke beef ato sosis...karnivora abis deh... :D

inten said...

aku malah lagi terapi wortel hahhaa.. jadi tiap hari di'bladeg' wortel terus, baik jus maupun sayur. Untung kamu bukan aku hahaha...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...