Pages

Wednesday, April 6, 2011

Olde Apple Pastry

Sejak beberapa minggu yang lalu, aku memimpikan fried apple pie dari masa lalu, yang paduan rasa manis-asam-renyah-nya sangat cocok di lidahku. Yup, 10 tahun yang lalu, aku berhasil membuat fried apple pie terlezat yang pernah kurasakan.

Hanya saja, karena proses pembuatan kulitnya yang sangat repot, memasak fried apple pie justru membuatku trauma. Hingga beberapa bulan yang lalu.



Hidup di dunia serba modern, proses pembuatan kulit yang memuakkan itu bisa kulewati dengan mudah. Caranya? Hanya dengan mengganti pie menjadi pastry. Kan kulit pastry instan yang hasil dan rasanya kualitas jempol sudah banyak dijual di pasaran.

Hohoho.

Alhasil, kemarin aku pun meluangkan waktuku untuk melangkah ke masa lalu dan memasak fried apple pie. Sayangnya, resep lezat dari masa lalu itu telah hilang seiring dengan bertumpuknya  buku-buku resep baru.

Maka, aku pun mencari-cari resep lagi, memodifikasinya, dan mencobanya... et, voila!

Fresh from the oven...


Olde Apple Pastry (Revised)

Bahan:
1-2 pak kulit pastry instan (gilas dengan botol/penggilas untuk menipiskan)
6 apel granny smith / apel malang: kupas kulitnya dan potong dadu (kecil saja)
3 sendok mentega
8 sendok gula palem
1 sendok perasan air lemon
1 cangkir air
1 sendok tepung
2 (8 cm) kayu manis batangan / 1 sendok kayu manis bubuk
gula pasir untuk taburan


Cara:
1. Masukkan apel, air, gula palem, kayu manis, jeruk nipis, dan tepung ke dalam panci. Aduk hingga tercampur seluruhnya. Masak hingga apel terasa agak lembut. Sisihkan.

2. Potong-potong lembaran pastry yang telah tipis seluas sekitar 8x8 cm (atau sesuai selera).

3. Ambil satu sendok isian apel. Taruh di potongan pastry dan tutup pastry tersebut hingga tertutup seluruhnya. Lakukan hingga isian apel atau potongan pastry habis.

4. Taburi bagian atas pastry dengan gula pasir.

5. Masak dalam oven dengan panas 200 derajat C, hingga pastry mengembang dan kering.

6. Sajikan hangat.


Porsi: sekitar 20 potong (bisa lebih)

Rasanya nyaris selezat fried apple pie kala itu. Nyaris. Mungkin ada sedikit perbedaan rasa karena kulit pastry yang aku gunakan. Dulu kan kulitnya buat sendiri... :p



PS: Tadinya aku memasak dua masakan, yaitu fried apple pie dan aglio olio. Tapi karena ada kesalahan prosedural di proses memasak aglio olio, maka resep itu akan aku ulang lain kali saja. :)

2 comments:

baby_zey said...

aku udang ngicipiin.. 2 potong pula..enaaak banget mbak.......... :)

bulb-mode said...

@ baby_zey:
Udang ato udah...? :p Enak ya? Tengkyuuu! Itu buatnya gampang kok...persis resep aja. Coba dimasak aja sendiri di rumah. :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...