Pages

Monday, September 24, 2007

Levi-Levi yang Menyesatkan

Walau pun aku belajar di dunia ilmu sosial, tapi yang namanya ilmu antropologi baru menarik minatku akhir-akhir ini. Aku tak tahu apa yang membuatku tertarik mempelajari tentangnya. Yang jelas, tiba-tiba saja aku dibayang-bayangi oleh keinginanku untuk membaca buku-buku antropologi.

Yang hingga sekarang belum aku mulai.


Aku ingin memulai perjalanan antropologiku dengan buku-buku ringan. Kalau bisa seperti "Anthropology for Dummies". Dan karena buku itu tidak aku temukan, aku belum menemukan seorang pun yang bisa memberikan saran menarik, buku apa yang cocok aku coba baca.

Hingga beberapa malam lalu, di akhir suatu pertemuan rutin, aku memberanikan diri untuk bertanya pada seorang Bapak Guru Yang Amat Aku Kagumi.

"Buku antropologi yang nggak berat?" Beliau terdiam dan berpikir.

Sepertinya tidak ada ya, Pak, buku antropologi yang tidak berat? Aku mulai khawatir perjalanku akan berhenti di pintu pertama.

"Bagaimana kalau dimulai dari Pengantar Ilmu Antropologi saja, Mbak? Itu bisa membuka minat koq, kalau memang tertarik."

Uhuk-uhuk... bukannya buku-buku dengan judul berawalan 'Pengantar Ilmu' itu membosankan? Tapi benar juga. Semua harus dimulai dari awal, dari pengantar. Bahkan buku-buku teringan pun sering memiliki kata 'pengantar'.

"Atau... um, saya kemarin habis menerjemahkan buku antropologi. Bagus sekali. Tulisannya Levi Strauss."

Levi Strauss? Ada hubungannya dengan Levi's? Kali ini giliran aku yang terdiam. Sedikit shock dengan kemungkinan bahwa Levi Strauss penemu brand Levi's & Co ternyata JUGA menulis buku antropologi.

"Levi Straus itu salah satu ahli antropologi..." Beliau rupanya berhasil menangkap kebingunganku. Dan menyelamatkanku dari kesalahan berpikir.

Ah, tentu saja. Mana mungkin Levi Strauss yang itu sama dengan Levi Strauss yang punya 501. Walaupun mereka punya nama yang sama dan sama-sama hidup di masa lalu. Jelas, mereka dua orang yang berbeda. Ya kan?

-o0o-

And then, I wikied them:

Claude Lévi-Strauss (IPA pronunciation [klod levi stʁos]) (born November 28, 1908) is a French anthropologist who developed structuralism as a method of understanding human society and culture. Outside anthropology, his works have had a large influence on contemporary thought, in particular on the practice of structuralism. Lévi-Strauss is a reference for authors such as Roland Barthes, Michel Foucault, Gilles Deleuze, Jacques Derrida, Jacques Lacan, and Judith Butler. --> http://en.wikipedia.org/wiki/Claude_L%C3%A9vi-Strauss

Levi Strauss, born Löb Strauss (1829 - September 26, 1902) was the German-born American[1] creator of the first company to manufacture blue jeans. His namesake firm, Levi Strauss & Company, was founded in 1853 in San Francisco. --> http://en.wikipedia.org/wiki/Levi_Strauss

Yup... mereka dua orang yang berbeda!

*PS: ada yang bisa memberi saran buku antropologi yang ringan dan menyenangkan untuk seorang pemula? :)

4 comments:

RonggoLawe said...

aku dulu mengira nama itu cuma untuk satu orang...si antropolog yg juga entrepeneur, kayak soros yg sosiolog tapi juga seorang investor. ternyata salah ya...

hebat juga klo jadi penulis sekaligus spekulan saham.

bulb-mode said...

Alhamdulillah... ternyata yang ngga tau ngga cuma aku... :D

Anonymous said...

Trus akhirnya baca buku apa ndi?

bulb-mode said...

Hm... Pengantar Ilmu Antropologi, karya Koentjaraningrat. Familiar g The? Huehe!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...