Pages

Wednesday, January 5, 2011

Fotoku Malang, Fotoku Sayang


Tadinya kemarin aku berniat cepat-cepat menulis sesuatu tentang Banjar-Tasik-Ciamis. Secepatnya, agar tidak segera terlupakan. Di kantor, di tengah jam kerja.

Akhirnya aku memasukkan CF ke dalam card reader dan menyambungkannya ke komputer. Lalu membuka-buka file foto di dalamnya.

Biasanya, begitu CF disambungkan ke komputer, aku langsung mentransfer isinya ke hard disk, lalu baru memilah-milah dari hard disk. Mana yang lebih baik dibuang, mana yang disimpan, mana yang untuk facebook, mana yang untuk blog, mana yang diedit, dan sebagainya.

Nah, kemarin karena terlalu bersemangat, aku memilah-milah langsung di CF-nya. Dan - seperti yang sering kali aku takutkan - aku khilaf menekan tombol delete!

Separuh lebih dari foto-foto liburan Banjar-Tasik-Ciamis pun terhapus! Recycle Bin kosong, karena semua terhapus dari CF. Back up tidak ada!

Apo pun memberi solusi dengan segera memasukkan CF tadi ke toko komputer terdekat yang bisa melakukan recovery. Atau restore?

Yah, pokoknya gitu deh. Mengembalikan foto-foto yang hilang ke CF.

Quadra yang terletak di Jl. Kaliurang katanya sih bisa melakukan recovery. Maka sepulang kantor, aku pun mampir ke sana dan menyerahkan CF-ku ke mereka.

"Saya coba ya, Mbak," ujar Mas Quadra lemah-lunglai-tanpa semangat.

Aku pun diminta kembali tiga hari lagi. Agak lama memang, tapi semoga berhasil. Kata Apo, kemungkinan besar sih bisa. *agak lega*

"Kok bisa sih, Mbak? Bukannya kalau di-delete, ada konfirmasinya dulu?" tanya adikku heran.

Namanya juga khilaf. Sekarang yang aku khawatirkan, mood menulis tentang Banjar-Tasik-Ciamis mulai hilang, perlahan-lahan. Sementara menulis tanpa foto itu bagaikan makan nasi putih tanpa lauk. Hmpfh!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...